Senin, 12 Maret 2012

Kebutuhan Akan Rasa Aman


Nama Abraham Maslow sudah menjadi sebuah ikon dalam pembahasan tentang motivasi. Sebagai gambaran singkat bahwa teori hirarki kebutuhan Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi lima hirarki, dan kebutuhan tersebut dimulai dari paling bawah dan naik satu tingkat terus menerus hingga tingkat terakhir. Dalam teori ini, tidak ada lompatan dalam kebutuhan sehingga harus step by step. Pada hirarki kebutuhan yang ketiga di sebut kebutuhan akan rasa aman yaitu orang memerlukan atau membutuhkan suatu keamanan dalam bekerja, dimana dalam tulisan ini mendapatkan kesesuaian dengan asuransi. Nalarnya adalah tujuan utama dari asuransi adalah memberikan keamanan bagi pemegang polis asuransi bahwa ketika sesuatu terjadi maka perusahaan asuransi akan memberikan bantuan, entah dalam berbagai bentuk. Catatan bahwa pemberian jaminan tersebut akan disesuaikan dengan jenis polis asuransi yang diikuti.
Guna memperjelas bahwa dalam diri manusia terdapat kebutuhan untuk memiliki keamanan, dan apabila hal itu tidak dipenuhi akan membuat orang tersebut tidak puas dan bertendensi berusaha untuk memenuhi kebutuhan akan rasa aman tersebut. Dan salah satu manifestasi dari kebutuhan akan rasa aman tersebut adalah orang tersebut menginginkan dirinya memiliki tameng yang dapat dijadikan jaminan ketika sesuatu yang tak diharapkan menimpa dirinya, seperti kecelakaan, rumah terbakar, kehilangan aset dan masih banyak lagi. Nah, dalam konteks seperti itulah peranan asuransi memainkan perannya dengan memberi perlindungan, asalkan orang tersebut terdaftar sebagai pemegang polis asuransi pada suatu perusahaan asuransi tertentu.
Hal sebelumnya akan memudahkan dalam memberi jaminan ketika terjadi suatu masalah yang tidak diharapkan atau tidak terduga. Dan bukan hanya itu saja, mengikuti asuransi akan sangat membantu dalam membrikan kepuasan hidup karena orang yang memegang polis asuransi akan merasa aman sehingga ada pemuasan kebutuhan. Hanya saja hal ini harus dilakukan secara konsisten, karena jasa asuransi hanya memberi bantuan hanya ketika orang tersebut menjadi anggota. Oleh karena itu, perlu untuk teratur atau berdisiplin dalam membayar polis asuransi yang hendak diikuti dan anda pun akan mendapatkan jaminan keamanan.
Terkait ulasan sebelumnya, tampak bahwa asuransi memainkan peranan penting dalam memberi perlindungan. Tapi hal itu tidak terjadi seperti membalikkan telapak tangan karena sebelum mengikuti asuransi pada suatu perusahaan tertentu, diperlukan upaya untuk menganalisis kredibilitas perusahaan yang memberi jasa asuransi. Alasannya dilakukannya analisis tersebut yaitu untuk memastikan bahwa perusahaan pemberi jasa asuransi bukanlah perusahaan yang tidak konsisten memberi perlindungan kepada pemegang polis asuransinya. Cara-cara konkrit yang dapat ditempuh dalam menganalisis bagus tidaknya perusahaan pemberi jasa asuransi adalah dengan melihat track record kinerja dari perusahaan tersebut, mengikuti informasi-informasi seputar perusahaan tersebut, mengetahui pengalaman-pengalaman pemegang polis asuransi pada perusahaan tersebut, mengamati apakah perusahaan tersebut pernah terkena kasus ataukah tidak, dan masih banyak lagi. dengan demikian, jadikan kepuasan rasa aman melalui mengikuti asuransi dan tetap kritis ketika menjadi pemegang polis asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar