Selasa, 13 Maret 2012

Perlukah Mahasiswa Melakukan Riset?


Perkuliahan merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi sebagaian mahasiswa dan ada juga yang kebalikannya alias membosankan. Semua itu adalah keputusan anda, hanya saja jangan sampai anda mengalami penyesalan akan semua itu. Oleh karena itu, untuk menghindari penyesalan tersebut, ketika masih kuliah anda harus benar-benar belajar dan salah satu manifestasi belajar adalah dengan melakukan riset. Sampai di sini, pertanyaan pada judul tulisan ini telah terjawab. Pertanyaan lanjutannya adalah bagaimana anda melakukan riset?
Guna menjawab pertanyaan tersebut, mulailah dengan berkomitmen untuk menulis. Karena dengan membiasakan menulis, anda akan lebih mudah menyusun kalimat per kalimat yang akan menjadi dasar bagi melakukan riset. Dalam tulisan ini hanya akan diarahkan pada riset-riset mandiri sehingga dapat lebih mengaktualisasi diri melalui riset. Namun menurut hemat penulis bahwa bukan aktualisasi melainkan sebagai bentuk ucapan syukur karena masih diberi kesempatan untuk kuliah. Sampai di sini tampak bahwa melakukan riset memiliki variasi motif dan semua itu adalah pilihan masing-masing individu.
Selanjutnya adalah bagaimana melakukan riset-riset mandiri sehingga akan mengasah daya berpikir? Jawabannya adalah setelah membuat komitmen, perlu di ikuti dengan latihan-latihan yang konsisten dan mulailah dengan apa yang anda pengen riset. Secara teknis untuk memudahkan dalam melakukan riset adalah bagaimana anda sebaiknya memiliki satu hasil riset yang menyenangkan bagi anda lalu anda pelajari riset tersebut hingga anda benar-benar paham seluk beluk dari riset tersebut.
Tujuan dari memahami suatu riset pegangan adalah membantu anda dalam memahami celah-celah atau pun lika-liku dalam riset tersebut sehingga seirng semakin anda membca hasil-hasil riset akan semakin bagus pula anda memahami seni dari riset. Mengapa disebut seni karena hanya dnegan melakuka riset sajalah anda dapat betul-betul paham makna hakiki dari sebuah riset. Langkah selanjutnya adalah mulailah menulis dan jangan pernah takut salah karena siapa pun yang belajar pasti pernah mengalami kegagalan. Bila perlu diskusikanlah dengan orang-orang yang telah melakukan riset berulang kali sehingga mendapatkan banyak pengalaman. Akhir kata adalah jangan pernah takut salah dan jangan pernah menyerah untuk berlatih melakukan riset, karena akan sangat membantu membentuk kerangka berpikir yang tersistematis, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan diperoleh ketika anda melakukan riset. Salam belajar…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar