Selasa, 13 Maret 2012

Olah Raga Otak


Olah raga menjadi bagian penting untuk kesehatan fisik. Hal yang sama juga dengan otak, apabila jarang melatihnya akan membuat kinerjanya mengalami penurunan karena hubungan antara nneuron semakin memudar. Dalam upaya itulah dalam tulisan singkat ini akan menjabarkan olah raga otak guna tetap mampu mengoptimalkan kinerja otak. Olah raga paling sederhana dan tidak membutuhkan biaya besar adalah dengan mulai mengamati hal-hal kecil dalam kehidupan anda dan mencoba mencari artinya. Karena, dengan mengamati hal-hal kecil akan merangsang rasa ingin tahu sehingga tanpa anda sadari sebenarnya ada rekasi dalam otak anda untuk beraktivitas lagi. Untuk memudahkannya, otak ibarat itu ibarat pisau, kalau jarang diasah maka akan tumpul tapi kalau diasah terus menerus maka akan tajam. Dan tidak hanya itu saja, pisau yang telah berkarat sekalipun apabila diasah lagi secara rutin akan tajam lagi, dan begitu pula dengan otak. 
Terkait mengasah otak atau olah raga otak, dapat juga dengan mengikuti berita-berita dan hanya monoton menonton sinetron saja. Karena dengan mengikuti berita akan merangsang otak untuk menerima informasi baru dan merangsang rasa ingin tahu tentang makna berita tersebut. Lainnya adalah dengan membaca dan diskusi. Karena dengan membaca dan diskusi, otak akan berusaha bergerak atau beraktivitas sehingga tidak kaku atau hanya diam saja. selengkapnya tentang manfaat membaca dan diskusi dengan kinerja otak silakan membaca tulisan penulis yang lainnnya.
Cara olah raga otak lainnya yaitu mengikuti seminar dan berbagai pelatihan sehingga membawa suasana baru dan merangsang pikiran untuk mengolah apa yang ditangkap oleh panca indera. Terkait cara-cara lain untuk mengasah otak silakan, pembaca temukan sendiri dalam aktivitas sehari-hari. Namun satu hal yang pasti bahwa jangan sampai membiarkan otak tidak bekerja alias orang tersebut pasif tidak mau mengisi otaknya dengan infomasi karena cognitive aging siap menerkam. Nalarnya adalah cognitive aging merupakan penurunan daya nalar seseorang seiring bertambahnya usia dan hal ini sangat rawan karena dapat menyebabkan kepikunan. Oleh karena itu, mulailah mengambil inisiatif untuk olah raga otak sehingga kinerja otak/hubungan antara neuron menjadi aktif lagi dan membantu anda dalam membuat warna-warni hidup yang penuh makna. Selamat berlatih olah raga otak. Salam sukses…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar