Selasa, 13 Maret 2012

Mencuci Piring Dan Gelas


Dalam suatu keluarga, biasanya ada acara makan malam bersama yang dihadiri oleh semua anggota keluarga. Dan hal itu dilakukan dengan ucapan syukur karena masih diberikan berkat dalam bentuk makanan dan minuman. Langkah selanjutnya adalah giliran membersihkan bekas piring dan gelas yang digunakan. Atau dengan kata lain yaitu setelah menggunakan piring atau gelas, maka akan dicuci guna membersihkannya dan dapat digunakan lagi ketika membutuhkannya. Ilustrasi sebelumnya dapat juga diaplikasikan dalam usaha membersihkan diri karena kadang-kadang banyak pikiran negatif yang masuh dalam benak kita.
Spesifiknya yaitu pikiran kita tanpa disadari atau disadari seringkali masuk berbagai informasi yang dapat saja berguna alias positif dan tidak berguna alias negatif. Dan hal ini berpeluang meningkatnya cara pandang yang keliru atau kaburnya akal sehat karena lupa membersihkannya. Maksud dari akal sehat adalah kemampuan untuk berpikir dengan cermat dan mampu menimbang dalam benak akan efek positif dan negatif dari perbuatan sebelum memutuskan melakukan sesuatu. Sekali lagi untuk penegasan bahwa penggunaan akal sehat tidak terjadi apabila seseorang malas atau enggan membersihkan pikiran-pikiran negatif yang ada dalam benaknya. Oleh karena itu perlu untuk membersihkannya sehingga tidak semakin menutupi akal sehat.
Hanya saja dalam proses membersihkan pikiran-pikiran negatif tersebut tidak seperti membersihkan piring dan gelas yang harus menggunaka sabun cuci, melainkan membersihkan pikiran negatif dapat menggunakan sugesti diri seperti berkata pada diri sendiri dan terus-menerus bahwa aku mampu berpikir positif atau aku berpikir positif. Cara lain yang dapat ditempuh untuk membersihkan pikiran negatif adalah melalui meditasi, karena melalui meditasi seseorang akan mampu menjaga ketenangan pikirannya dan apabila terus-menerus dilakukan dapat menjadikan diri semakin bijak dalam berpikir dan akhirnya pada tindakan. Yah kira-kira hal itu yang dapat penulis peroleh dari melihat orang mencuci piring dan gelas. Dengan demikian, cucilah pikiran negatif dengan berpikir positif dan sambutlah hari-hari baru yang penuh kedamaian dan kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar