Rabu, 14 Maret 2012

Si Pelit


Orang yang pelit relatif tidak disukai oleh orang lain, karena pelit berarti hanya mementingkan dirinya dan tak mau menolong orang lain yang membutuhkannya. Namun penyakit pelit itu dalam manjemen keuangan biasanya disebut sebagai tipe kepribadian si tupai. Tipe kepribadian ini dalam hidupnya akan merasa kekurangan dan kekurangan uang sehingga dirinya relatif tak mau kehilangan uang sepeser pun. Dan bukan hanya itu saja, tipe ini juga sangat bertendensi tidak mau membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Alhasil tipe ini dalam mengelola uangnya tak pernah merasa sejahtera.
Lanjut bahwa tipe ini sebenarnya mendeskripsikan bagaimana kegagalan dalam menyeimbangkan kehidupannya sehingga peluang mengalami stres pun dapat terjadi. Kegagalan dalam menyeimbangkan kehidupannya akan membuat bagaimana keyakinannya terhadap uang yang keliru, dalam pengertian bahwa tipe ini akan seperti hanya mau bekerja dan bekerja untuk semakin banyak memperoleh uang dan semakin banyak memperoleh uang akan semakin besar rasa takut kehilangan uangnya sehingga tak ada kenikmatan dalam menjalani hidup. Selain itu, tipe ini juga didorong oleh ketakutannya yang berlebihan atas kehilangan uang akan sangat bertendensi menghindari investasi yang berisiko atau pun cukup berisiko. Dan hasilnya pun, orang yang bertipe ini akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan return dan menambah kepemilikan aset.
Namun seperti tipe-tipe kepribadian sebelumnya bahwa dibalik semua kelemahannya, pasti ada solusi yang dapat dilakukan untuk menyadari bahwa perilakunya itu salah. Terkait solusi untuk tipe si tupai yaitu sekali lagi bentuklah keyakinan yang kokoh bahwa rasa takut kehilangan uang itu sebenarnya hanyalah ilusi, atau dengan kata lain meyakinkan tipe ini bahwa takut yang berlebihan akan kehilangan uang merupakan suatu tindakan yang hanya membawa konsekwensi kesehatan yang tak bersahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar