Rabu, 14 Maret 2012

Krisis Kepercayaan Diri


Pada bagian ini merupakan lanjutan dari pembahasan tipe-tipe kepribadian dalam mengelola uang. Tipe kedua yang mungkin relatif sulit terdeksi adalah tipe burung unta. Tipe ini pada hakikatnya adalah seorang yang cerdas, hanya tidak memiliki kepercayaan diri alias mengalami krisis kepercayaan diri sehingga merasa kebingingan dan tak mampu mengelola keuangan. Efek lanjutannya yaitu bagaimana dirinya begitu saja mempercayakan pengelolaan keuangannya pada orang lain yang belum tentu layak dipercaya. Alhasil adalah orang yang bertipe burung unta akan kaget apabila dirinya telah salah memilih orang untuk mengelola keuangannya.
Secara garis besar bahwa tipe ini juga sering penulis jumpai ketika penulis berinteraksi dengan orang lain. Dan semua itu adalah normal menimbang bahwa siapa pun pernah mengalami krisis kepercayaan diri, hanya saja yang membedakannya adalah bagaimana sikapnya untuk mengatasi krisis tersebut. Begitu pula dengan orang-orang yang mengalami krisis kepercayaan diri alias si burung unta dalam mengelola keuangan. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa mereka ini sebenarnya cerdas dan tidak didukung dengan kepercayaan diri saja. Alhasil mereka pun hidup dalam dunia yang mereka ciptakan sendiri yaitu kebingungan, pasrah dan tak mau berusaha untuk mengelola uangnya sendiri.
Lanjut bahwa orang yang mungkin saja anda temui dan tingkah-lakunya seperti tipe si burung unta, maka anda dapat memahaminya mengapa mereka seperti itu dan sekali lagi dikarenakan tidak adanya kepercayaan diri sehingga anda jangan berkesimpulan bahwa mereka bodoh karena itu adalah kesalahan. Nah, solusi yang dapat digunakan agar orang yang bertipe burung unta ini berubah adalah dengan meyakinkan dirinya dengan cara-cara yang kreatif bahwa sebenarnya dia mampu dan mampu. Hal ini akan mendorong kepercayaan dirinya untuk berani mengambil tanggung jawab keuangannya. Dan ingat bahwa hal ini perlu dilakukan secara konsisten atau berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar