Jumat, 09 Maret 2012

Akumulasi Kekayaan Tanpa Jalan Pintas


Siapa sih yang tidak mau kaya, yang relatif pada umumnya orang akan menginginkan kekayaan. Karena dengan kekayaan ada peluang meningkatkan kehidupan orang tersebut. Dalam upaya mencapai kekayaan, banyak cara yang dapat ditempuh, beberapa diantaranya adalah dengan korupsi, meminta kepada tuyul dan sejenisnya, nikah dengan anak yang orang tuanya kaya raya, bermain lotere atau judi, merampok, dan masih banyak lagi cara-cara untuk mencapai kekayaan. Namun tulisan ini tidak diarahkan pada cara-cara seperti yang disebutkan sebelumnya melainkan menggunakan cara yang tepat dan bijak untuk akumulasi kekayaan. Atau dengan kata lain yaitu mengakumulasi kekayaan tanpa jalan pintas.
Ditujukan untuk memperjelas, cara konkrit yang cerdas nan bijak untuk akumulasi kekayaan adalah dengan memahami ilmu dan seni mengelola uang yang cerdas dan bijak. Spesifiknya yaitu bagaimana orang perlu mempelajari dan meningkatkan pengetahuan keuangan, keahlian serta ketekunan yang sungguh-sungguh untuk mampu mengakumulasi kekayaan atau yang lebih tepatnya adalah akumulasi aset keuangan. Untuk dapat meningkatkan literasi keuangan, orang dapat menggunakan berbagai jasa-jasa penasihat keuangan keluarga atau pun dapat mempelajari literasi keuangan dnegan banyak membaca literature-literatur literasi keuangan serta ikut berbagai seminar dan pelatihan keuangan guna meningkatkan pengetahuannya akan bagaimana akumulasi aset keuangan yang bijak dan tepat.
Namun dalam proses akumulasi pengetahuan keuangan, orang juga perlu meningkatkan ketekunannya secara sungguh-sungguh. Menimbang bahwa untuk mencapai suatu hal tidak semudah yang dipikirkan melainkan perlu adanya ketekunan sebagai daya dorong untuk tetap berusaha. Dengan demikian hasil akhir yang diharapkan adalah bagaimana sinergis literasi keuangan dan ketekunan akan mengarahkan perilaku pada bagaimana akumulasi aset keuangan yang tepat. Salah satu hal sederhana dari peningtakan literasi keuangan ketekunan yang sungguh-sungguh adalah bagaimana pribadi/orang mampu menyusun rencana (budget) yang tepat dan displin untuk melaksanakannya.
Ditambah lagi dengan bagaimana orang tersebut mampu mengontrol arus kasnya sehingga terhindar dari definisit keuangan. Karena pada esensinya dari pengelolaan keuangan pribadi adalah bagaimana menghidar atau mengurangi deficit keuangan. Deficit keuangan diartikan sebagai kondisi dimana pengeluaran lebih besar dari penerimaan. Akibat lanjutan dari defisit keuangan adalah meningatkan peluang seseorang mengalami kebangkrutan. Untuk itu, guna mencapai akumulasi kekayaan menggunakan cara-cara yang bijak adalah bagaimana mengontrol keuangan sehingga terhindar dari defisit keuangan. Dengan demikian, silakan mengakumulasi kekayaan dengan menggunakan cara-cara yang cerdas nan bijak dan bukan menggunakan cara-cara yang tidak bijak sehingga menodai fitrah anda sebagai manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar