Kamis, 08 Maret 2012

Kelola Diri Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan


Manajemen adalah salah satu bagi dari cabang ilmu ekonomi. Yang menurut penulis, manajemen merupakan salah satu aspek fundamental dalam mencapai tujuan hidup. Terkait dunia keuangan, manajemen diri atau kelola diri akan menentukan keberhasilan seseorang untuk mencapai kebebasan keuangan. Alasan salah satunya adalah mengelola diri yang termanifestasi dalam mengontrol diri untuk tidak melakukan kesalahan atau menghindari kesalahan dalam mengelola uang menjadi titik perhatian sehingga mereduksi menyepelekan pengelolaan uang dalam kehidupan pribadinya. Lanjut bahwa dengan memberi perhatian yang serius dalam mengelola keuangan pribadi akan mendatang keuntungan yang sebenarnya dapat diamati dalam kehidupan sehari.
Salah satu contohnya adalah bagaimana orang mengelola waktu yang diberikan sang Kuasa untuk membangun aset keuangan. Lebih spesifik lagi yaitu bagaimana orang tersebut mampu mengoptimalkan waktunya untuk membangun aset keuangan, yang mana seiring berjalannya waktu akan semakin mendatangkan hasil yaitu kebebasan keuangan. Oleh karena itu agar mampu mencapai kebebasan keuangan, tidak mengherankan apabila Robert Kiyosaki dalam literature-literaturnya begitu dominan menonjolkan sikap positif untuk mengelola diri, dan hal ini salah satunya berbunyi gunakan apa yang ada antara daun telingamu untuk mencapai kebebasan keuangan. dalam pemahaman bahwa untuk mencapai kebebasan keuangan, orang perlu menggunakan akalnya dengan baik, benar dan bijak.
Tidak hanya itu saja, apa yang menjadi maksud Kiyosaki sebenarnya bagaimana orang perlu mempersepsikan uang dengan tepat dan mampu mengelola diri dengan baik. Lanjut bahwa terkait dengan tulisan ini, apa yang dikatakan oleh Kiyosaki memang benar adanya dan menjadi salah satu pilihan untuk mencapai kesuksesan keuangan. Hanya saja, penulis melihat bahwa selain aspek yang dimaksudkan oleh Kiyosaki, sebenarnya dapat ditambahkan dengan aspek spiritual karena bagaimana pun mengelola diri tidak mungkin terlepas dari aspek spiritual. Spesifiknya yaitu utnuk benar-benar sukses mengelola diri dengan baik dan tepat, diperlukan kecerdasan spiritual sehingga akan mampu memaknai hidupnya.
Dalam kaitan dengan mengelola uang, orang yang benar-benar sadar akan berbagai tujuan eksistensinya akan mampu meningkatkan energi internal untuk sungguh-sungguh berusaha mencapai kebebasan keuangan karena dirinya benar-benar sadar diri dan termanifestasi dalam menghormati dirinya sebagai manusia. Dengan demikian, pengelolaan diri menjadi salah satu kunci utama untuk mencapai apa pun (Goals) dan salah satunya adalah kekebebasan keuangan (financial freedom).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar