Senin, 30 April 2012

Uang Siluman


Uang merupakan alat yang sangat dahsyat bagi manusia karena memberikan keluasan bagi manusia untuk memiliki apa yang diinginkan. Dan hal ini memang merupakan keunikan dari uang sehingga apabila ditanya pada setiap manusia tentang apakah mereka menginginkan banyak uang maka jawabannya dapat saja dengan sangat jelas yaitu ia. Dalam hal itulah maka uang dapat dimasukkan pada ranah persepsi sehingga memicu pertanyaan bahwa bagaimana mengakumulasi uang dengan tepat?
Dalam tulisan ini tidak diarahkan pada cara akumulasi yang sehat atas uang melainkan diarahkan pada bagaimana cara yang tidak tepat untuk memperoleh uang. Dan salah satunya adalah melalui korupsi, yang mana akan menjadi fokus tulisan singkat ini. Untuk memperjelas maksud penulis, maka akan diganti namanya menjadi uang siluman yaiyu uang yang diperoleh dari melakukan tindakan korupsi. Dan korupsi itu sendiri berarti melakukan tindakan kriminal sehingga akan mengakibatkan orang yang melakukannya masuk penjara.
Untuk itu, bagaimana melepaskan dari jeratan uang siluman merupakan pertanyaan yang sangat mengelitik karena memang selain dibutuhkan untuk dipecahkan, kondisi dari uang siluman juga perlu dibuang dan atau dibernatas hingga akar-akarnya. Sebagai langkah konkritnya dibutuhkan usaha tanpa kenal lelah untuk mengajarkan bagaimana meningkatkan aset keuangan menggunakan cara yang tepat seperti diisplin pada budget dan melakukan investasi. Karena hanya melalui pemahaman yang benar akan seni perolehan dengan tepat maka tindakan akumulasi uang siluman dapat diredam atau bahkan dibuang jauh-jauh dari manusia.
Nah pertanyaan lanjutannya adalah mengaplikasikannya dengan tepat. Sederhana saja yaitu tetapkan komitmen untuk menjadi tuan atas uang dan bukan kebalikannya. Mengapa dimulai dari komitmen tegus, karena tanpa komitmen teguh untuk menjadi tuan atas uang maka upaya yang berkesinambungan akan sis-sia belaka. Dalam artian, upaya untuk mereduksi perolehan uang siluman hanya akan terjadi dalam jangka pendek saja dan sisanya akan mengalami bias.
Terkait langkah taktisnya, pembaca dapat meningkatkannya melalui pendalaman dari berbagai tulisan-tulisan yang bertaburan di internet atau dapat saja membeli buku-buku tentang seni mengelola uang yang tepat sehingga pemahaman akan meningkat. Akhir kata, selamat mencoba dan yakinlah bahwa anda adalah tuan atas uang dan bukan sebaliknya sehingga uang siluman akan jauh dari anda selam-lamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar