Minggu, 01 April 2012

Jangan Hanya Shareholder!


Perubahan dalam dunia bisnis mengakibatkan perubahan dalam ara pandang terhadap tanggung jawab perusahaan. Salah satu bentuknya adalah perubahan dari shareholder menjadi stakeholder. Perubahan ini membuat fokus perusahaan bukan saja pada bagaimana meningkatkan nilai per lembar saham melainkan juga bagaimana memperhatikan dan meningkatkan lingkungan sekitaran seperti masyarakat, alam, pemerintah, pendidikan dan lain-lainnya. Dan semakin baik perusahaan memperhatikan stakeholder maka semakin reputasi atau bahkan kepercayaan kepada perusahaan tersebut.
Tidak hanya itu saja, perubahan dalam aspek perhatian dan fokus untuk ditindaklanjuti akan mengakibatkan perusahaan memperoleh keuntungan bukan hanya pada profit melainkan juga yang terutama adalah komitmen tenaga kerja untuk bekerja dengan sepnuh hati dan mendorong daya saing perusahaan tersebut. Dengan semakin baik daya saing maka semakin pula usia dari perusahaan tersebut. Dalam pengertian bahwa perusahaan akan semakin baik dalam membangun relasi dengan konsumennya.
Sampai di sini, telah diperoleh beberapa manfaat dari fokus perusahaan terhadap stakeholder. Hanya saja, dalam aplikasinya perusahaan harus mengeluarkan uang atau biaya dan hal ini sebaiknya jangan dianggap sebagai beban melankan sebagai investasi yang profitable. Menimbang bahwa walaupun biasanya dalam jangka pendek tidak terasa namun dalam jangkan menengah dan jangka panjang akan terasa manfaatnya seperti yang dijelaskan pada paragraf-paragraf terdahulu. Oleh karena itu, pemimpin dan manajemen perusahaan sebaiknya jangan takut untuk memperhatikan stakeholder.
Jika di bedah menggunakan balanced score card, maka perusahaan bukan saja hanya perlu memperhatikan aspek keuangan (shareholder) melainkan juga aspek konsumen, tenaga kerja dan proses internal. Sinergis antara keempat aspek tersebut akan mengarahkan perusahaan pada kesadaran untuk meningkatkan kepekaan spiritual sehingga menjadi organisasi yang berkembang dan terus-menerus berproses. Alhasih perusahaan pun akan mendapatkan energi alami karena didorong oleh berbagai faktor. Dengan demikian, aplikasi dari shareholder menuju stakeholder sebaiknya dilakukan saat ini dan tidak ditunda-tunda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar