Kamis, 05 April 2012

Masih Malaskah Anda Menabung?


Mikirin uang, malas ah. Yah kira-kira seperti itulah ungkapan dari orang yang malas mengelola keuangannya. Dan hal ini mungkin tanpa disadari telah menjadi suatu bentuk keyakinan fundamental ketika berurusan dengan uang. Namun semua itu, perlu diwaspadai bahwa ketika anda keliru mempersepsikan uang yang termanifestasi dalam kekeliruan mengelola uang maka anda berpeluang mengalami kesulitan keuangan. Maksud penulis bukan untuk menakuti melainkan lebih pada upaya untuk tidak mengabaikan aspek pengelolaan keuangan. Karena, pengelolaan uang seringkali hanya menjadi urutan yang bias dan memicu perilaku keuangan yang tidak tepat sasaran.
Lanjut bahwa ketika anda malas menabung sebenarnya anda sedang mengarahkan hidup anda menuju ketidakpastian keuangan dan anda tidak memiliki tameng perlindungan ketika terjadi goncangan pendapatan. Dan hal ini akan semakin memperburuk keadaan apabila pada perilaku leuangan lampau anda memang dalam kondisi buruk, yang ditandai dengan utang yang meningkat, tidak memiliki aset keuangan atau bahkan gaya hidup boros. Oleh karena itu, untuk mencegah semua itu, langkah konkrit yang dapat ditempuh adalah buanglah kemalasan menabung. Dan solusi konkrit yang dapat dilakukan adalah dengan tetapkan niat kuat bahwa andalah pengontrol kondisi keuangan anda.
Selain itu anda juga perlu mendayagunakan waktu anda untuk merefleksi diri terkait kondisi keuangan masa lalu hingga kini serta apa yang anda inginkan di masa depan. Dengan melakukan reflesi tersebut maka diri anda akan semakin segar karena anda dapat melihat perilaku anda, atau dalam bahasa filsafatnya adalah anda melakukan bercermin diri sehingga mampu melihat bintik-bintik hitam dalam pengelolaan keuangan anda. Dengan demikian, jadilah manusia yang rajin menabung karena semua itu untuk kebaikan anda sendiri untuk saat ini dan di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar