Senin, 09 April 2012

Membuang Masa Lalu Yang Pahit


Setiap manusia memiliki lika-likunya sendiri dan hal ini semakin indah apabila mampu mengahdapinya. Hanya saja tidaklah semua mampu seperti itu karena kadang-kadang peristiwa pahit masa lalu sulit dilupakan tapi tidak berarti tidak dapat dilupakan. Menurut kajian nerusaints dijelaskan bahwa setiap peristiwa yang dialami seseorang akan membentuk sirkuit neuron sehingga peristiwa buruk berpeluang dapat dilupakan melalui pelemahan sirkuit neuron. Konkritnya adalah melalui sugesti secara terus-menerus sehingga akan membentuk sirkuit baru dan melemahnya sirkuit lama.
Sampai di sini, telah tampak bahwa betapa pun sulitnya melupakan masa lalu yang pahit tetap dapat dilupakan. Dalam pengrtian bahwa memang membutuhkan waktu untuk menguatkan sirkuit baru. Dan hal ini seringkali tidak disukai oleh manusia karena menunggu sambil berusaha merupakan suatu upaya yang seringkali membosankan. Untuk itu, perlu adanya kesadaran dan kesabaran seperti yang diungkapkan oleh Andreas Mattew bahwa usaha ditambah kesabaran akan mendatangkan hasil yang diinginkan.
Lanjut bahwa melupakan masa lalu menggunakan ilmu neurosains sebenarnya mendeskripsikan bagaimana anda bersikap secara positif dan tidak pantang menyerah karena pada prinsipnya persitiwa pahit tersebut harus dilupakan untuk menyongsong masa depan yang penuh keindahan. Hal sebelumnya juga mendapatkan penegasan dari pepatah yang penulis kutip dari film Shaolin yang diperankan oleh Jet Lee bahwa orang perlu melepaskan beban masa lalu untuk berlari cepat menyongsong masa depan yang lebih baik.
Dibedah menggunakan ilmu psikologi, diketahui bahwa peristiwa masa lalu hanyalah merupakan suatu keyakinan. Dan salah satu langkah konkritnya adalah dengan bersikap positif yang merupakan turunan dari berpikir positif. Dengan demikian, merujuk pada keseluruhan ulasan sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa betapa pun peristiwa buruk yang kita alami, tetap dapat dilupakan asalkan ada kemauan untuk menggunakan berbagai ilmu dan bertekad kuat untuk melupakan peristiwa buruk yang dialami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar