Senin, 30 April 2012

Membaca Itu Menyenangkan


Dunia adalah suatu tempat yang indah. Coba saja anda nonton televisi yang menayangkan beragam tempat dengan eksotik panoramanya diserta budaya-budaya uniknya. Dari warna-warni tersebut, terdapat suatu nilai yang menggugah karena dapat mengkilikitik sanubari untuk bertanya, mengapa semua keindahan itu dapat terjadi. Ataukah kira-kira kapan yach, saya akan ke sana untuk melihat keindahannya sambil mengucap syukur pada sang Kuasa atas kemurahannya yang sangat sungguh luar biasa pada kita. Dan mungkinkah keindahan itu dapat terus terjadi dan tidak berlalu begitu saja. Yah kira-kira seperti itulah beberapa alasan terkait keindahan alam dan budayanya. Karena dapat juga pembaca bayangkan tentang bagaimana informasi yang diperoleh karena menonton televisi yang memuat berita-berita teraktual dan juga pembedahan-pembedahan terkait persoalan-persoalan sosial, etika, budaya, politik, ekonomi, dan lain-lainnya.
Berpijak pada beberapa manfaat dari melihat atau mendapatkan informasi terkait apa yang terjadi pada belahan dunia lainnya maka terdapat pertanyaan yang sungguh menyejukkan jiwa yaitu bagaimana cara konkrit untuk mendapatkan semua itu selain melalui menonton televisi? Menurut hemat penulis bahwa membaca merupakan salah satu alternatifnya karena dengan membaca maka orang dapat mengetahui berbagai info atau pun peristiwa-peristiwa yang terjadi pada ruang bumi yang lain. Logikanya adalah membaca merupakan suatu aktivitas yang penuh daya dan dilakukan secara sadar sehingga dari untaian kata demi kata termuat nilai-nilai informasi atau pun pengetahuan yang dapat membuka cakrawala manusia tentang bagaimana korelasi dari suatu ruang terhadap ruang lainnya. Dapat juga diketahui tentang bagaimana atau seperti apa yang akan terjadi pada tempat lain yang dapat memicu pola pikir.
Sampai di sini, pembaca dapat menilai tentang bagaimana aktivitas membaca begitu indah dan menyenangkan sehingga seolah-olah kita terlepas dari berbagai macam masalah yang sedang kita hadapi. Dalam artian bahwa melalui membaca yang begitu dinikmati maka orang dapat merefresing pikirannya yang pada umumnya sibuk dengan berbagai aktivitas dalam bekerja atau pun berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Hanya saja, bagaimana supaya aktivitas membaca itu dapat menyenangkan? Jawabannya terletak pada bagaimana keberhasilan membangun kebiasaan membaca dengan disiplin. Untuk itu perlu adanya kebiasaan dalam satu hari harus membaca dan dilakukan ini dengan berusaha untuk dinikmati sehingga lama-kelamaan akan terbiasa.
Cara lainnya yaitu bagaimana menemukan titik menyenangkan dalam membaca. Maksudnya adalah bagaimana orang mampu menangkap atau melihat adanya suatu titik kecil dalam membaca yang membuatnya begitu nyaman membaca sehingga luapan kesenagan itu akan memotivasi dirinya untuk tetap membaca selama siklus hidupnya. Alhasil pun kemampuan mengupdated atau memperbaharui menjadi smeakin terasah dan diikuti oleh perilaku yang semakin dewasa dan mandiri. Salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar