Sabtu, 07 April 2012

Sinergi Antara Pengetahuan Dan Pengalaman


Pemahaman tentang prinsip sinergi dibutuhkan untuk memahami suatu proses kerja. Untuk itu, dalam tulisan ini tidak menjelaskan tentang suatu proses yang bervariasi melainkan pemahaman tentang bagaimana korelasinya dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan alat bagi manusia untuk memudahkan dalam proses bereksistensi. Tahapan pertama adalah memahami apa itu sinergi? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, sinergi diartikan sebagai melakukan pekerjaan atau sesuatau hal dalam suatu gabungan. Merujuk pada definisi tersebut tampak bahwa sinergi merupakan kombinasi dari beberapa orang untuk melakukan hal bersama sehingga tak salaha apabila disebutkan bahwa sinergi sama artinya dengan “banyak kepala lebih baik dari satu kepala”.
Terkait definisi pengetahuan dapat diartikan sebagai suatu bentuk kebenaran yang di peroleh dari proses refleksi dan juga upaya sadar yang tersistematis. Dari definisi tersebut, diketahui bahwa pengetahuan tidak turun dari langit melainkan ada upaya manusia untuk mendapatkannya, dan usaha tersebut merupakan suatu berkah bagi setiap manusia sehingga pengetahuan tidak boleh digunakan untuk hanya memenuhi kebutuhan dan keinginan diri sendiri melainkan perlu juga dibagikan kepada manusia lainnya. Sedangkan arti dari pengalaman adalah sesuatu yang dijalani oleh seseorang dan perlu upaya sadar untuk memaknainya.
Merujuk pada kedua definisi sebelumnya tampak bahwa pengetahuan dapat diperoleh dari pengalaman atau pengalaman merupakan salah satu nutrisi pembentuk pengetahuan asalkan mau menginterpretasinya dengan tepat. Dan apabila dikombinasi dengan arti sinergi akan menghasilkan suatu pemahaman yang sangat luas biasa. Nalarnya adalah apabila terdapat beberapa orang yang memiliki latar belakang berbeda atau relatif serupa mampu bekerja sama untuk saling share/berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki maka hasilnya akan berupa ide-ide atau bahkan pengetahuan yang sangat luar biasa.
Tidak hanya itu saja, mengkombinasi dengan antara sinergi, pengatahuan dan pengalaman juga akan membawa perubahan pada cara pandang untuk mau mengikis ego diri sehingga tidak terjebak dalam mementingkan diri sendiri atau kelompoknya. Alhasil pun orang-orang yang benar paham akan makna atau nilai sesungguhnya dari ketiga konsep itu akan menyadarinya bahwa perolehan pengetahuan, pengalaman, serta kesadaran untuk bersinergi merupakan suatu bentuk rahmat atau anugerah dari sang Kuasa sehingga memicu kesadaran untuk mau memberdayakan diri dan juga orang lain secara berkesinambungan. Dengan demikian, penyimpulan akhirnya adalah jadilah orang yang rendah hati apabila memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dari orang lain atau pun memiliki pengalaman hidup yang tidak dimiliki orang lain. Kedua adalah jadikan dirimu bermanfaat melalui kesediaan yang tulus untuk mau bersinergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar