Kamis, 05 April 2012

Menjadi Lebih Manusiawi


Tak heran apabila tahun berganti, namun saja perubahan diri menjadi menjauh. Mengapa, karena tak memiliki niat untuk berubah. Maksud dari niat untuk berubah adalah bagaimana memposisikan pikiran ke arah yang positif sehingga kemanusiaan menjadi meningkat. Dalam pengertian bahwa berjalannya waktu akan menjadikan diri mengalami perubahan paradigma untuk bertekad menjadi manusia yang manusiawi dan bukan manusia yang tak tahu diri. Uangkapan sebelumnya terlihat abstrak, menimbang proses memanusiakan manusia memerlukan perubahan yang signifikan dan tak boleh merasa puas apabila telah berhasil melangkah maju dalam pembenahan diri.
Bukan hanya itu saja, menjadikan diri lebih manusiawi merupakan suatu pantulan dari perenungan untuk benar-benar atau sungguh-sungguh menjadikan diri bermanfaat dan tidak gampang goyah. Selanjutnya adalah bagaimana memanusiakan diri? Jawabannya sangat sederhana yaitu pada kesediaan diri untuk mau belajar dan belajar. Karena hanya melalui belajarlah, orang dapat memanusiakan dirinya dan mengalami perubahan yang signifikan. Hanya saja, tidak semua manusia menyenangi belajar dengan sungguh-sungguh sehingga proses memanusiakan diri pun menjadi terhambat.
Untuk itu dalam tulisan singkat ini tidak ditujukan untuk menjadi suatu jalan keluar atau solusi melainkan hanya sebagai suatu bentuk himbauan untuk selalu belajar. Maksudnya adalah proses memanusiakan diri merupakan tanggung jawab masing-masing orang, oleh karena itu siapa pun tidak berhak mengambil tanggung jawab itu dari masing-masing pribadi. Dengan perkataan lain, tulisan ini hanyalah merupakan suatu ajakan semata dan untuk mengalami perubahan maka orang itu sendirilah yang harus menajalaninya. Akhir kata, selamat belajar dan jadikan dirimu lebih manusiawi seiring berjalannya waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar