Jumat, 13 April 2012

Nilai Hidup Kristalan Film Gifted Hands The Ben Carson Story


Luar biasa film yang menceritakan tentang Ben Carson karena menggambarkan suatu proses pembelajaran yang sangat luar biasa. Hal itu tertuangkan dalam suatu pernyataan yang sangat dahsyat bahwa “otak adalah keajaiban”. Penulis begitu terpesona dengan ungkapan tersebut karena otak yang merupakan sentral normalitas manusia tersusun dari begitu banyaknya sel yang membentuk jaringan-jaringan untuk memampukan manusia melakukan aktivitas mental. Sungguh luar biasa memang ungkapan tersebut, dan apabila dikombinasi dengan kata keajaiban maka menambah keunikannya lagi karena memuat nilai Ketuhanan.
Bagaimana bisa nilai Ketuhanan dapat dikorelasi. Jawabannya terletak pada kerumitan struktur otak serta bagaimana fungsi dari otak. Seperti yang diketahui bahwa akal begitu luar biasanya mempengaruhi manusia. Dan proses kerja akal terjadi di dalam otak manusia. Beberapa contoh dari fungsi otak yaitu sebagai wadah untuk aktivitas mental manusia, sebagai perekam pengalaman manusia, sebagai alat memecahkan masalah, mengingat, mengolaj informasi, dan masih banyak lagi.
Suatu pantulan yang sangat besar juga dapat diamati dari bagaimana kasih sayang yang diberikan sang ibu kepada Ben Carson ketika masih sekolah dasar. Dalam kisah itu, sang ibu sebenarnya iliterasi alias buta huruf tapi karena didorong oleh niatnya untuk menjadikan anak-anaknya lebih baik dari kehidupan ibunya maka sang ibu bekerja keras untuk mengumpulkan uang dan tetap memotivasi anak-anaknya. Selain memberi motivasi, ibunya Ben Carson juga mendisiplinkan anak-anaknya untuk harus membaca dan membuat laporan bacaan. Dalam seminggun harus membaca kurang lebih 7 hingga 8 buku sehingga menambah pengetahuan dari Ben Carson.
Lanjut bahwa dengan membangun kebiasaan membaca pada anak-anaknya, sang ibu berhasil menanamkan keyakinan diri yang positif pada anak-anaknya bahwa anggapan mereka selama ini bahwa diri mereka bodoh dipatahkan. Dalam pengertian bahwa bagaimana fungsi seorang ibu untuk menanamkan dan membangun citra diri positif pada anak-anaknya sangat patut dicontohi oleh siapa saja.
Tidak hanya itu saja, bahkan sang ibu tetap memberi motivasi yang tepat sekali ketika Ben Carson sedang mempersiapkan diri memasuki kuliah kedokteran otak. Sang ibu mengatakan bahwa dalam dirimu terdapat kecerdasan dan banyak buku sehingga dirimu perlu menggunakannya dengan baik. Dari perkataan ibunya Ben Carson, menurut penulis bahwa ibunya sangat bijak karena mendorong anak-anaknya untuk belajar dengan giat dan sadar untuk mempertajam logikanya karena pada prinsipnya sudah ada benih kecerdasan dalam diri setiap manusia.
Yah kira-kira seperti itulah nilai-nilai hidup yang penulis peroleh setelah menonton berulang kali kisah Ben Carson yang pada akhirnya berhasil menemukan cara operasi kembar bayi siam. Dalam artian bahwa Ben Carson akhirnya menjadi pelopor untuk menyelamatkan korban dari bayi siam atau dua bayi yang memiliki satu kepala. Lanjut bahwa penulis tidak bermaksud membatasi nilai-nilai hidup dari kisah Ben Carson karena tidak tertutup kemungkinan ada nilai-nilai lainnya yang dapat ditemukan pembaca. Akhir kata, selamat direnungi dan aplikasikanlah apabila menemukan nilai-nilai hidup lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar