Selasa, 15 Mei 2012

Pensiun Tak Berarti Berhenti Belajar


Manusia memiliki siklus hidup, begitu juga dengan pekerjaan. Yang dimulai dari proses melamar, diterima, mulai bekerja hingga berhenti. Kerja karena adanya batasan usia. Berpijak pada deskripsi umum siklus bekerja, diperoleh pemahaman yang jelas bahwa pada umumnya ketika seseorang bekerja maka dia berpeluang meningkatkan kompetensi kerja melalui aktivitas belajar. Alhasil, kemampuan dan ketrampilan diri menjadi semkain terasah.
Lanjut, merujuk pada ulasan di atas, terdapat pertanyaan lanjutan yaitu “apakah ketika tiba untuk pensiun, proses belajar masih dilakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan kompetensi”?. Untuk menjawabnya, memerlukan suatu penelitian mendalam. Hanya saja fokus tulisan ini adalah bagaimana mempertahankan spirit belajar walaupun sudah tidak bekerja lagi alias pensiun.
Ditujukan untuk memperjelas fokus dalam tulisan ini, sebenarnya cara konkrit yang dapat dilakukan adalah pada kesuksesan membangun kebiasaan. Spesifiknya lagi, untuk mampu tetap belajar walaupun telah pensiun adalah bagaimana seseorang mampu berlatih dan berlatih sehingga seiring berjalannya waktu akan menjadi kebiasaan unggul. Lanjut, jika dibedah menurut teori belajar, suatu informasi akan semakin masuk dalam pikiran apabila dilakukan secara berulang-ulang kali. Alhasil pun pengulangan tersebut akan menjadi kebiasaan unggul.
Setelah memahami cara strategis, tahapan selanjutnya adalah mengetahui menfaat dari tetap belajar walau telah pensiun. Beberapa diantaranya adalah dengan belajar maka orang tersebut tetap mengaktifkan kinerja otak sehingga tidak mengalami kepikunan. Kedua, tetap belajar akan terus merangsang ide-ide segar dan tidak mudah mengalami stres. Ketiga adalah dengan belajar akan tetap membuat tubuh terasa mudah melebihi usia yang sebenarnya. Keempat, disiplin belajar akan mengarahkan pada pembentukan penajaman karakter positif.
Sebagai penutup, semoga saja bagi anda yang akan memasuki masa pensun atau pun sudah pensiun tetap belajar dan belajar. Karena pada prinsipnya belajar merupakan aktivitas menyenangkan yang dilakukan sepanjang hidup. Dengan kata lain, pensiun tak berarti berhenti belajar, karena pada prinsipnya belajar adalah kegiatan fundamental manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar