Rabu, 02 Mei 2012

Gaya Belajar Ngebor


Kata ngebor memiliki beragam persepsi, seperti ngebor minyak, air atau bahkan goyangan ngebor ala Inul Daratista. Namun dalam tulisan ini yang dimaksud dengan ngebor adalah terkait dengan gaya belajar ngebor. Untuk memperjelasnya perlu diberikan definisi yang jelas. Menurut hemat penulis bahwa gaya belajar ngebor adalah cara belajar seseorang yang selalu bertanya dan bertanya kenapa sehingga mampu mendapatkan inti dari apa yang dipelajarinya. Merujuk pada definisi tersebut tampak dengan jelas bahwa gaya belajar ngebor merupakan gaya belajar yang tidak puas dengan apa yang diperoleh sehingga akan berusaha untuk menemukan esensi dari suatu hak yang sedang dipelajari. Yah bisa juga dikatakan bahwa gaya belajar ngebor berkonotasi kritis, dan seperti yang diketahui bahwa kritis sangat dibutuhkan dalam membedah atau menganalisis suatu masalah. Dan dapat juga bermanfaat dalam pemcahan masalah (solve the problem).
Lanjutannya adalah bagaimana mengaplikasikan gaya belajar ngebor dengan tepat. Sederhana saja jawabannya yakni perhatikan rumus 1H + 5W saja. Namun untuk lebih mempertajamnya ketika dalam proses belajar perlu untuk terus bertanya kenapa, kenapa dan kenapa sehingga merangsang pikiran untuk mencari arti utama dari apa yang sedang dipelajari. Konkritnya adalah ketika sedang memperlajari sesuatu maka orang perlu terlebih dahulu memahami apa yang sedang dipelajari untuk dilanjutkan kedalam bagaimana prosesnya dan diimbangi dengan variasi-variasi pertanyaan seputar bahan yang sedang dipelajari.
Memang penulis akui bahwa pada awalnya akan relatif terasa sulit namun apabila dibiasakan secara kontnyu maka gaya belajar ngebor akan terasa mudah dilakukan. Menimbang bahwa seiring mempraktekkan gaya belajar ngebor maka pola ketajaman bepikir akan semakin terasa dengan baik sehingga lama kelamaan akan semakin mudah dilakukan. Ibaratnya seperti berlatih naik sepeda, pada awalnya akan keseimbangan tubuh belumlah baik namun dengan berlatih terus-menerus maka keseimbangan tubuh akan semakin baik sehingga proses menaiki sepeda akan lancar. Dan tentu saja dalam proses berlatih tersebut juga sebenarnya membutuhkan komitmen kuat untuk belajar. Menimbang bahwa belajar seringkali melelahkan dan berpeluang menimbulkan kebosanan. Untuk itu dengan komitmen yang kuat maka semua tantangan tersebut dapat disingkirkan. Alhasil pun, proses belajar ngebor akan semakin mahir dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar