Kamis, 03 Mei 2012

Belajar Sambil Bekerja


Kalau ada ungkapan bermain sambil belajar maka ada juga belajar sambil bekerja. Dan semua itu adalah indah adanya. Terkait dengan tulisan ini yang diarahkan pada belajar sambil bekerja, perlu ada pembatasan terlebih sehingga tidak serta merta bias dalam memahaminya. Maksud dari belajar sambil bermain adalah bukan seperti mahasiswa yang bekerja atau sejenisnya melainkan pada bagaimana orang yang bekerja tapi tidak hanya bekerja saja melainkan juga tetap belajar. Spesifiknya yaitu bagaimana tidak menjadikan kaerja sebagai suatu momok sehingga mengabaikan aspek belajar.
Untuk memudahkan bahwa belajar dan bekerja yang dijalankan merupakan suatu aktivitas bermakna tinggi karena orang akan lebih meningkatkan kemampuannya sehingga lebih mampu melakukan penyesuaian dengan tuntutan kerja yang saat ini kian hari makin cepat berubah. Pada umumnya sepengetahuan penulis bahwa bekerja sambil belajar akan membuat orang mampu memaknai kerjanya dan juga akan mendorong adanya produktivitas yang rasional. Tidak hanya itu saja, orang yang tetap belajar walaupun telah diterima bekerja di suatu organisasi biasanya akan tenang menghadapi tantangan dalam pekerjaannya dan tidak akan patah semangat untuk tetap berusaha dan berusaha. Alhasil pun orang yang suka belajar sambil bekerja akan bertahan di jaman informasi seperti sekarang ini. Dengan kata lain yaitu akan lebih mampu bertahan di abad 21 ini.
Selanjutnya adalah bagaimana mengaplikasikannya, menurut hemat penulis adalah orang yang sudah bekerja atau yang sudah berpengalaman kerja sebaiknya memulai dengan membangun kebiasaan membaca sehingga pengetahuan dapat diperbaharui. Jadi walaupun kita menikmati pekerjaan, orang tersebut juga mampu memahami perubahan-perubahan yang terkait dengan pekerjaannya dan juga memahami perkembangan yang sedang terjadi dalam lingkungan sekitaran. Cara lain yang dapat ditempuh untuk tetap belajar walaupun sudah bekerja adalah selain membaca, dapat juga dengan mengikuti berita-berita informasi sehingga mengasah daya pikir untuk memahami arti hidup dan kerja.
Terkait mengikuti berita informasi juga bermanfaat karena dapat mengoptimalkan pemilikan TV. Menimbang bahwa pada umumnya orang hanya menonton tv terkait dengan sinetron saja atau sejenisnya sehingga sesuatu yang bersifat education jarang tersentuh. Selain itu juga, dengan disiplin membaca dan mengikuti berita informasi yang dilakukan secara simultan maka orang akan lebih segar dan tetap bertahan mengahdapi tantangan hidup dan bertendensi lebih tahan mereduksi stres kerja karena begitu banyaknya tuntutan kerja. Dan akhir dari semua itu adalah orang akan lebih memahami visi hidupnya karena cakrawalanya konsisten diisi dengan hal-hal yang berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar