Selasa, 15 Mei 2012

Kesehatan Itu Mahal


Berapa pun uang yang dimiliki, berapa pun harta benda, kekuasaan, jabatan atau sejenisnya tidak akan berarti apa-apa apabila seseorang tidak memiliki kesehatan yang baik. Dalam hal ini, kesehatan menjadi kunci utama bagi karya-karya yang akan atau pun sedang dilakukan oleh seseorang. Bagaimana tidak? Peranan kesehatan menjadi krusial karena eksekutor tindakan membutuhkan kesehatan yang prima. Namun kesehatan jangan diartikan secara dangkal juga karena kadang-kadang orang yang sedang mengalami sakit pun masih dapat berkarya dengan sangat luar biasa. Oleh karena itu, makna kesehatan dalam tulisan ini yakni bagaimana menjaga kesehatan fisik dan juga pikiran.
Lanjut bahwa usaha menjaga kesehatan fisik dan pikiran akan mendorong sikap positif yang terarah pada pencapaian tujuan tertinggi manusia. Atau dengan kata lain yaitu mengarahkan pada tercapainya visi hidup. Pertanyaan lanjutannya adalah bagaimana menjadi sehat dalam fisik dan pikiran? Untuk menjawabnya perlu terlebih dahulu arti dari kata proses bahwa sehat dalam fisik dan pikiran bukanlah suatu usaha sekejap mata maka akan berhasil, melainkan merupakan suatu proses sepanjang hidup sehingga uangkapan kesehatan itu mahal menjadi sangat relevan. Penjelasannya adalah karena membutuhkan waktu dan perjuangan untuk terus menerus-menerus mempertajam kesehatan fisik dan pikiran. Oleh karena itu, wajar atau normallah apabila kesehatan fisik dan pikiran menjadi mahal, karena membutuhkan pengorbanan.
Kembali pada pertanyaan di atas, konkritnya tentang cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan fisik dan pikiran akan dibedah satu per satu. Kesehatan fisik dapat ditingkatkan dengan disiplin berolah raga, makan makanan bergizi, tidur yang cukup atau tidak berlebihan, minum air putih delapan gelas sehari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman alkohol, minum jus yang segar dan masih banyak lagi. Tujuan dari melakukan tindakan sebelumnya yaitu untuk menjaga metabolisme yang normal atau bukan metabolisme tubuh yang abnormal. Sedangkan meningkatkan dan menjaga kesehatan pikiran dapat dilakukan dengan aktivitas-aktivitas seperti disiplin membaca, berlatih olah raga otak, berdiskusi, berdoa, meditasi, menulis, meneliti dan lain-lainnya.
Setelah pembedahan tentang cara-cara konkrit meningkatkan dan mempertahan kesehatan pikiran dan fisik, perlu juga memahami bahwa perlu adanya kesadaran untuk berdisiplin melakukannya secara berkesinambungan. Hal ini menimbang karena dengan berlatih secara kontinyu akan menghasilkan sirkuit neuron semakin baik, atau dengan kata lain yaitu akan memperkuat koneksi antara neuron dalam batok kepala. Alhasil dari semakin kuatnya koneksi antara neuron akan termanifestasi dalam terwujudnya kebiasaan positif. Dengan demikian, selamat menjalani pola hidup yang mengarah pada kesehatan fisik dan pikiran (mind) dan hari-hari pun akan semakin tercerahkan dan penuh sukacita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar