Rabu, 12 Oktober 2011

Metode Risalah Rene Descartes__Bapak Rasionalisme

Pertama
Tidak pernah menerima apapun sebagai benar kecuali  jika saya mengetahuinya secara jelas bahwa hal itu memang benar, artinya menghindari secara hati-hati penyimpulan terlalu cepat dan praduga, dan tidak memasukkan apapun dalam pikiran saya kecuali apa yang tampil sedemikian jelas dan gamblang di dalam nalar saya, sehingga tidak akan kesempatan untuk meragukannya. 
Kedua  
Memilah satu persatu kesulitan yang akan saya telaah menjadi bagian-bagian kecil sebanyak mungkin atau sejumlah yang diperlukan, untuk memudahkan dalam penyelesaiannya.  
Ketiga  
Berpikir secara runtut, dengan mulai dari objek-objek yang paling sederhana dan paling mudah dikenali, lalu meningkat sedikit demi sedikit sampai ke masalah yang paling rumit, dan bahkan dengan menata dalam urutan objek-objek yang secara alami tidak beraturan.  
Keempat  
Dimana-mana membuat perincian yang selengkap mungkin dan pemeriksaan yang demikian menyeluruh sampai saya yakin bahwa tidak ada yang terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar