Jumat, 16 September 2011

Analisis Sistem Informasi Keuangan Bank Mandiri Tbk

Museum Bank MandiriImage by Shanghai Daddy via Flickr
Pendahuluan
            Knowledge is power merupakan ungkapan yang penuh makna dan sangat relevan dengan kondisi lingkungan bisnis saat ini karena memiliki kerelevansian yang erat dengan kemajuan teknologi terkhususnya teknologi informasi sehingga ungkapan pengetahuan adalah power bersinonim dengan informasi adalah kekuatan.
            Penggunaan informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu merupakan suatu hal yang tidak terelakkan lagi bagi perusahaan-perusahaan maupun actor-aktor bisnis untuk tetap survive sehingga saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mengadopsi suatu system informasi yang terpadu dengan memakai aplikasi teknologi informasi tak terkecuali PT Bank Mandiri Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan.
            Perbankan memiliki arti penting yang sangat signifikan terhadap mobilisasi dana karena fungsi utamanya yaitu sebagai mediator bagi pihak yang membutuhkan dana dan pihak yang kelebihan dana sehingga diperlukan suatu manajemen yang kompeten dan tranparan. Untuk membuat kinerja bank-bank yang beroperasi di Indonesia memiliki kinerja yang baik maka diperlukan suatu sisitem informasi perbankan yang handal sehingga mampu beroperasi optimal.
            System perbankan memiliki beberapa kategaori yaitu system informasi keuangan, system pengolahan transaksi, system pengolahan aplikasi, system keputusan manajemen dan system informasi nasabah. Namun untuk kasus Indonesia masih membutuhkan waktu untuk mengintegrasikan keseluruhan dari system perbankan sehingga penulisan ini memfokuskan pada system informasi keuangan dengan objek penelitian PT Bank Mandiri Tbk yang merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia. Arti penting dari menganalisis system informasi keuangan terutama Bank Mandiri dikarenakan industri perbankan merupakan suatu industri yang bergerak dibidang jasa keuangan sehingga factor kepercayaan dari nasabah menjadi penting dan salah satu langkah konkret untuk menjaga kepercayaan nasabah yaitu dengan mengaplikasikasikan dengan tepat suatu system informasi keuangan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan nasabah karena terdapatnya suatu system informasi keuangan yang efisien dan efektif yang menunjang bahwa dana yang disimpan atau ditabung mampu dikelola dengan baik oleh pihak manajerial Bank Mandiri.

Analisis
Kepercayaan dari nasabah merupakan kunci keberhasilan suatu bank menyebabkan pihak manajerial perlu menjaga dan meningkatkan kepercayaan nasabah dan hal ini sangat disadari oleh pengelola atau pihak manajerial Bank Mandiri yaitu dengan memfalisitasi system keuangannya dengan suatu system informasi keuangan yang handal. System informasi keuangan didefinisikan sebagai system pengendalian dan pelaporan keuangan menyeluruh yang tidak hanya sebatas fungsi-fungsi rutin yang mencakup pemeliharaan general ledger sebuah lembaga. Dari definisi tersebut diketahui bahwa untuk mengaplikasikan suatu system informasi keuangan dibutuhkan jaringan computer yang berjalan di platform PC Lokal Area Network yang dirancang dengan bahasa pemograman dan data base clipper. Program yang dioperasionalkan dan terpasang dimesin produksi adalah mesin yang sudah di compile sehingga menjadi excecutble file dengan esistension EXE. Akibat dari system jaringan komputer tersebut yang saling berhubungan maka seluruh kegiatan operasionalisasi aplikasi perbankan yang dimulai dari proses pembukuan sampai dengan pelaporan keuangan serta penerapan system on line antara suatu bagian dengan bagian lainnya menjadi lebih handal. Sehingga dengan penerapan SIK maka Bank Mandiri Tbk memperoleh manfaat seperti pelaporan periodic, informasi historic, laporan ke otoritas moneter, laporan konsolidasi, perencanaan laba dan anggaran, pelaporan kinerja, menghitung tingkat hasil dan berbagai rasio keuangan, akuntansi biaya dan output untuk system lainnya yang lebih handal dan berpengaruh pada fasilitas tambahan lainnya yang meliputi informasi saldo rata-rata, memasukkan informasi saldo hari sebelumnya, pembangkitan transaksi secara otomatis, deskripsi transaksi otomatis, perbaikan pemsukan data, implosion dan eksplosion, pemasukan data secara on line, pelayanan on line, pembuatan berbagai laporan, system keamanan, pembuatan laporan gabungan, perhitungan pajak, konversi nilai tukar mata uang, dan prosedur tutup tahun yang lebih memuaskan nasabah. Untuk lebih memahami system informasi keuangan Bank Mandiri maka dibawah ini disajikan gambar 2.1.

Gambar 2.1 Karakteristik Sistem Informasi Keuangan Bank Mandiri

FEATURE






Rounded Rectangle: Average balanced
Rounded Rectangle: On line inquiry


Rounded Rectangle: Backdated transaction
Rounded Rectangle: Report writer


Rounded Rectangle: Automated transaction generation
Rounded Rectangle: Security features


Rounded Rectangle: Automated transaction description
Rounded Rectangle: Consolidation routines


Rounded Rectangle: Warehousing of entry
Rounded Rectangle: Tax calculation


Rounded Rectangle: Implosion and eksplosion
Rounded Rectangle: Currency convertion


Rounded Rectangle: On line data entry


Rounded Rectangle: Year and procedures



Rounded Rectangle: flexibility




















Indicator-indikator seperti pada paragrapf sebelumnya sebenarnya saling berkaitan dengan transaksi pada rekening-rekening keuangan bank. Pemasukan berbagai transaksi tersebut dilengkapi penjelasan sifat, jenis, atau keterangan mengenai transaksinya. Jika input data transaksi tersebut salah, sistem aplikasi dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan input datanya, yang meliputi pengeditan, penghapusan, pemutakhiran data nasabah, perbaikan nominal transaksi, dan keterangan-keterangan lain mengenai input transaksi, selain itu juga Sistem aplikasi juga dilengkapi dengan kemampuan pembuatan laporan, seperti: laporan transaksi harian per kelompok rekening per ledger atau subledger; laporan periodik harian, bulanan, atau tahunan; laporan konsolidasi seluruh cabang atau per cabang; dan laporan pertanggung jawaban petugas peng-input transaksi. Jenis-jenis laporan tersebut biasanya dihasilkan setelah dilakukan proses akhir hari, akhir bulan, atau akhir tahun melalui prosedur tertentu yang juga secara lengkap tersedia dalam sistem aplikasi di bank. Untuk lebih lengkapnya disajikan gambar-gambar dibawah ini.

.


Gambar 2.1. Alir Awal Hari Aplikasi General Ledger 








                                  tidak
 


                 ya
Rounded Rectangle: Input kurs Valuta Asing                 














                 ya


Rounded Rectangle: Sudah benar?


                                                            tidak
                       ya


Rounded Rectangle: Selesai



keterangan :
Proses ini digunakan untuk men-set-up (memeriksa) tanggal proses memasukkan besarnya kurs valuta asing yang berlaku, dan mencetak daftar kurs valuta asing yang di-input tersebut pada hari yang bersangkutan.


Gambar 2.3 tentang alir transaksi aplikasi general ledger























                                         
















Flowchart: Decision: Data sudah
Benar?


Rounded Rectangle: Perbaikan transaksi





                          ya















           
Gambar 2.3 alir perbaikan transaksi aplikasi general ledger











Gambar 2.4 tentang alir proses akhir hari general ledger







Rounded Rectangle: Mulai




























Keterangan :
          Proses akhir hari adalah serangkaian kegiatan atau langkah-langkah yang harus dilaksanakan secara teratur dan berurutan, yang melibatkan beberapa menu operasional lain yang berhubungan. Kegiatan operasional dari proses akhir hari ini meliputi kegiatan pemeriksaan data, perbaikan kesalahan, dan pencetakan laporan-laporan.

Kesimpulan
Penerapan teknologi informasi Bank Mandiri Tbk yang tercermin dari sistem informasi keuangan yang di milikinya telah membawa akibat pada kinerja yang lebih baik atau berhasil meningkatkan kepuasan nasabah. Hal ini terbuki dari total aktiva tahun 2007 sebesar 248.677.771 (dalam jutaan rupiah) dibanding tahun sebelumnya (2006) sebesar 246.137.926 (dalam jutaan rupiah) sedangkan total laba bersih yang diperoleh tahun 2007 sangat signifikan yaitu sebesar 1.026.402 (dalam jutaan rupiah) dibandingkan tahun 2006 sebesar 510.042 (dalam jutaan rupiah).
Dengan peningkatan kinerja seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya maka disimpulkan bahwa aplikasi sistem informasi keuangan pada Bank Mandiri Tbk adalah baik yang nota bene mempengaruhi kepuasan nasabah atau peran yang dijalankan Bank Mandiri Tbk sebagai agent of trust terlaksana dengan baik oleh Bank Mandiri Tbk.





Daftar Pustaka

Bank Mandiri, 2007. Laporan keuangan konsolidasi. www.google.com-laporang-keuangan bank mandiri. 21 maret 2009.
Rachmawati, A, 2008. Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjaga keakuratan data financial dalam pertukaran data sebagai perwujudan pengembangan bisnis masa depan. www.google.com-teknologi informasi. 21 maret 2009.
SIP M10 teknologi perbankan, 2008. Teknologi perbankan. www.google.com-TI perbankan, 19 maret 2009.
Home, 2008. Konsep dasar aplikasi perbankan. www.google.com-sistem informasi keuangan. 20 maret 2009.
Suproyati, 2008. Peranan teknologi informasi dalam audit system informasi komputerisasi akuntansi. www.google.com-TI perbankan. 20 maret 2009.
Home 2A, 2008. Konsep dasar aplikasi perbankan. www.google.com-sistem informasi keuangan. 20 maret 2009.
Civitas, 2008. System software yang berguna untuk otomasi dan manajemen system informasi data akademik untuk lembaga pendidikan, universitas, dan institute. 20 maret 2009.
Harmoni, A, 2008. System informasi keuangan. www.google.com- System informasi keuangan bank mandiri. 20 maret 2009.
GL communication, 2008. SS7 analisys and simulation. www.google.com-bank mandiri. 7 maret 2009.
GL communication, 2008. Hardware platforms. www.google.com-bank mandiri. 7 maret 2009.
GL communication, 2008. SS7 network test, monitoring, and surveillance solution for TDM, VoIP, & wireless networks. www.google.com-bank mandiri. 7 maret 2009.
GL communication, 2008. MC-MLPPP analyzerand emulator. www.google.com-bank mandiri. 7 maret 2009.
GL communication, 2008. PSTN and TDM analysis and simulation. www.google.com-bank mandiri. 7 maret 2009

Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar