Jumat, 14 September 2012

Uangku Habis Untuk Belanja

Ketika melihat dompet dan ternyata dompetnya penuh dengan uang, yang mana mungkin saja saat itu kebetulan baru saja gajian. Kira-kira apa yang akan dilakukan oleh orang tersebut? Jawabannya bisa saja bervariasi namun menurut hemat penulis bahwa ketika membuka dompet dan tanpa pertimbangan yang rasional untuk segera membelanjakannya maka orang tersebut pada prinsipnya membutuhkan kesadaran diri untuk meningkatkan pengetahuan keuangannya.
Karena dengan pola perilaku seperti itu, dapat disimpulkan bahwa berapa pun pendapatan yang diperoleh tak akan membawa hasil optimal bagi hidupnya. Lanjut bahwa semua itu terjadi karena uang yang diperoleh dengan susah payah hanya dihabiskan dengan sekejap saja sehingga memudahkan dirinya terjebak dalam kesulitan keuangan, yang salah satunya adalah perangkap utang (debt trap).
Tidak hanya itu saja, ketika hanya menghabiskan uang untuk membiayai sesuatu yang tanpa dipikir secara cermat, dapat juga berefek lanjutan pada keluarganya dan juga pada orang lain. Maksudnya adalah ketika uang yang diperoleh hanya untuk habis untuk belanja, orang tersebut meningkatkan peluang untuk mengalamai stres keuangan karena adanya tekanan psikologis yang memaksanya bertindak tidak stabil sehingga dapat menulari orang disekitarnya.
Lebih spesifiknya lagi yaitu akibat kebingunan karena kehabisan uang akan mendorong orang tersebut kurang baik dalam menilai dan berperilaku. Alhasil bahwa orang tersebut akan semakin dalam terperangkap dalam kesulitan keuangan dan siklus tersebut terus-menerus berputar seperti tiada akhirnya. Oleh karena itu untuk menghindari diri dari menghabiskan uang hanya untuk belanja yaitu sadarilah bahwa sebelum membuka dompet, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berpikir dahulu tentang apakah manfaat yang diperoleh ketika mengeluarkan uang dari dompet. Dan apabila saat itu ada dorongan yang begitu kuat untuk belanja, sebaiknya tetap berkeras hati dan segera meninggalkan tempat yang penuh dengan stimulus belanja tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar