Rabu, 05 September 2012

Noble Creatur Dalam Pengelolaan Keuangan Yang Tepat


Apakah anda mempercayai bahwa anda adalah makluk yang agung? Jika anda mempercayainya maka anda benar sepenuhnya dan apabila tidak maka anda tetap benar sepenuhnya. Karena semua itu merupakan kebebasan anda untuk meyakininya ataukah tidak. Namun kalau dikritisi akan sangat nampak bahwa setiap manusia merupkan makluk yang agung atau dalam pedagoginya disebut noble creatur yaitu makluk yang teristimewa dari semua makluk yang ada eksistensinya. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila manusia sejak dari gen sudah diberikan berbagai kecerdasan yang sangat penting untuk dikembangkan demi kesejahteraan eksistensi manusia. Ada juga istilah lainnya yaitu imagodei atau serupa dengan gambar sang Pencipta sehingga dapat dikatakan bahwa manusia merupakan miniatur atau foto copi Allah.
Sehubungan dengan pencitraan atas fitrah manusia, penulis berpendapat bahwa ada korelasinya dengan pengelolaan keuangan pribadi. Nalarnya adalah didorong oleh alasan bahwa manusia adalah noble creatur yang membawa sejak dari bentuk gen berbagai kecerdasan dapat didayagunakan sebagai jembatan untuk akumulasi aset keuangan. Lebih spesifiknya yaitu setiap manusia sebenarnya mampu mencapai kebebasan keuangan karena sejak sononya sudah dibekali dengan kemampuan yang luar biasa dan hanya memutuskan untuk menggunakannya ataukah tidak.
Apabila manusia berkeputusan menggunakannya, tentu saja akan mampu mencapai kesejahteraan yang hakiki sehingga tidak perlu adanya kemiskinan melainkan kesejahteraan yang merata. Lanjut bahwa bermodalkan kesadaran akan noble creatur itulah terdapat titik terang mengapa ada yang berhasil mewujudkan kebebasan keuangan dan ada yang tidak. Lagikanya adalah cobalah belajar dari orang-orang yang sudah berhasil, akan ditemukan bahwa mereka mampu mendayagunakan kecerdasan-kecerdasan mereka yang sudah dari sononya dengan optimal dan akan sangat berbeda halnya dengan orang yang tidak sadar akan kemampuannya.
Sampai disin sangat tampak bahwa setiap manusia dapat dipastikan akan sejahtera asalkan memiliki niat kuat untuk mewujudkannya. Dan bila belum sadar juga, langkah-langkah konkrit berikut ini dapat digunakan untuk menyadari dan mensyukurinya. Pertama adalah usahakan meningkatkan pengetahuan tentang citra diri. Kedua adalah pahami bahwa orang yang sukses dan gagal memiliki kesamaan hakiki yaitu mereka semuanya adalah manusia. Ketiga adalah belajar untuk bersyukur dan tetap bersyukur bahwa anda adalah manusia dan yang lainnya juga manusia sehingga memicu kesadaran akan eksistensi hakiki anda sebagai noble creatur.
Dan tentu saja, kesadaran itulah yang akan merubah peta internal (paradigm) anda untuk berjuang menaiki tangga-tangga kesuksesan hidup, yang mana salah satunya adalah kebebasan keuangan. Dengan kata lain, kesadaran akan noble creatur merupakan jembatan emas untuk menciptakan kondisi keuangan anda menjadi baik, dimana pasif income melebihi aktif income sehingga operasionalisasi bukan kita yang bekerja untuk mendapatkan uang melainkan uanglah yang bekerja keras untuk kita menjadi suatu kenyataan hidup yang tak terbantahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar