Selasa, 21 Februari 2012

Kekuatan Bersyukur


Orang yang bersyukur adalah orang yang penuh sukacita, karenabersyukur dapat diartikan sebagai mengucapkan terimakasih pada sang Kuasa atas berbagai berkat. Dengan mengucapakan berkat maka orang tersebut tanpa disadari atai disadari telah berupaya mengenal dirinya dengan lebih baik, dan hal ini akan membawa konsekwensi pada terciptanya manusia yang sadar akan eksistensinya di dunia ini yaitu untuk belajar dan senantiasa belajar. Lanjut bahwa orang yang paham akan bersyukur maka hatinya bertendensi mengalami sikacita karena merasa terhubung dengan totalitas kehidupan ini. atau dengan kata lain yaitu bagaimana saling hubungan antara berbagai fungsi yang membuat seseorang merasakan dan memahami betapa hebatnya dan dahsyatnya eksistensi sang Kuasa.
Sehubungan dengan ulasan sebelumnya, di ketahui bahwa bersyukur memiliki kekuatan yang dahsyat untuk mengola diri sendiri menjadi pribadi yang unik. Atau dengan kata lain, kekuatan bersyukur akan membuat seseorang menjadi pribadi yang tangguh dan penuh sukacita dalam menjalani hidupnya dan tetap berusaha memaknai hidupnya dengan penuh arti dan tidak sekadar ikut-ikutan. Selain itu, dari pemahaman sebelumnya tampak bahwa ada keterkaitan yang utama antara kekuatan bersyukur dengan kecerdasan spiritual. Nalarnya adalah dengan bersyukur maka seseorang dapat merasakan atau berada dalam suatu pembentukan nilai hidup yang hakiki. Lebih spesifiknya yaitu bersyukur merupakan salah satu dari nilai yang dapat membawa seseorang pada titik atau point bermakna atau bernilai ketika menjalankan eksistensinya dalam kehidupan ini.
Sebagai contoh sederhanya yaitu cobalah bertanya pada diri sendiri, pernahkah kita bersyukur atas detik per detik serta udara yang disediakan secara cuma-Cuma bagi kita. Dengan mengamati hal-hal sepele dalam hidup ini maka sebenarnya kita telah bersyukur atas totalitas kehidupan yang sedang dijalani. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang dapat kita pelajari secara seksama dalam kehidupan sehari-hari. Terkorelasi dengan makna kehidupan inilah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa walaupun bersyukur itu tampak sederhana sekali, tepatnya sederhana dalam mengucapkannya tapi dalam aplikasinya tidak segampang yang dikira karena membutuhkan suatu pemahaman serta kebiasaan untuk mampu merasakan kekuatan dari bersyukur. Mengapa, karena seperti yang diketahui bahwa kata yang sering kita gunakan atau ucapkan memiliki suatu kekuatan yang dahsyat, yang mana apabila dilakukan terus-menerus akan mampu menetes hingga alam bawah sadar, dan hal ini akan membawa suatu penciptaan realitas di kemudian hari.
Ulasan sebelumnya terlihat abstrak, namun apabila dikritisi secara cermat akan ditemukan bahwa apa yang kita lakukan sehari-hari merupakan sesuatu yang tampak dari pikiran kita. Dan hal ini sebaiknya jangan diabaikan melainkan perlu upaya serius untuk menggunakan totalitas diri menjadi suatu kekuatan yang hakiki, dan salah satunya yaitu dengan bersyukur atas apa yang terjadi dalam kehidupan ini. Lanjut bahwa salah satu langkah konkrit yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan bersyukur yaitu dengan mengucapkan berulang-ulang kali kepada diri sendiri bahwa saya bersyukur dan faedah apa yang dapat saya dapatkan dari peristiwa ini. dengan Demikian, jadikanlah hidupmu menjadi suatu bentuk ucapan syukur atas berbagai berkat dalam kehidupan ini.

2 komentar: