Selasa, 08 Januari 2013

Menjadi Dewasa Dan Mandiri Itu Pilihan


Semua orang juga pasti telah mengetahui bahwa siring berjalannya waktu, seorang manusia pasti akan bertumbuh fisiknya sehingga bertambahnya usia seiring membesarnya badan. Namun yang menjadi pertanyaan yaitu apakah usia bertambah akan berhubungan positif dengan kedewasaan seseorang? Menurut pandangan penulis bahwa hal itu belum tentu terjadi pada semua orang karena pada kenyataannya jumlah manusia yang sudah berusia di atas 17 tahun di dunia ini sangat banyak namun tidak semuanya berhasil mencapai kedewasaan.
Mengapa hal ini terjadi karena menurut pandangan penulis bahwa menjadi dewasa dan mandiri it merupakan suatu pilihan. Dalam pengertian, menjadi mandiri dan dewasa itu tergantung pada kesadaran orang tersebut untuk mau atau tidak mau menjadi dewasa dan mandiri. Karena ketika seseorang memutuskan untuk menjadi dewasa maka dirinya telah satu langkah maju, hanya perlu komitmen saja untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kedewasaan.
Sampai di di sini sudah tampak bahwa pilihan itu membutuhkan kesadaran plus komitmen. Pertanyaa lainnya yang muncul yaitu apakah semua orang mampu memilih untuk menjadi dewasa? Jawabannya absolut ia, karena pada prinsipnya semua orang sudah diberikan kemampuan untuk memilih. Oleh karena itu, menjadi dewasa dan mandiri merupakan suatu pilihan. Selain dari pada itu, menjadi dewasa dan mandiri juga membutuhkan faktor-faktor lainnya yang turut mempengaruhinya, beberapa diantaranya adalah faktor karakter, sikap, dan pengetahuan. Untuk itu, di awal tahun 2013 ini, tetapkan komitmen untuk terus bertumbuh berkembang menjadi manusia yang dewasa dan mandiri. Dalam dunia pendidikan, biasanya disebut sebagai human being.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar